Trik Memperbesar Kapasitas RAM dengan Virtual Memory/RAM-Swap - Cyber-SvD

Breaking

May 11, 2015

Trik Memperbesar Kapasitas RAM dengan Virtual Memory/RAM-Swap


Ok langsung aja gan, sudah bukan rahasia lagi kalau kapasitas ram o2X yang hanya 512 MB (cuman 372 MB
malah) sudah terlalu kecil untuk meng-handle OS Android yang makin kesini update-nya makin haus RAM. Klo
jaman froyo, 512 MB masih okelah..tapi ICS ke atas dan mengharapkan true multi-tasking??? Hell No…



Trus gimana donk solusinya? Mau beli HH baru dengan RAM gede tapi sayangnya duit cekak kaya ane, hehe
…Untungnya kita make OS Android yang hampir semuanya bisa di-oprek. Dengan memanfaatkan SD Card, kita
bisa manfaatkan kapasitas/space yang ada di sd card sebagai virtual Memory (RAM Swap/Memory swap).
Dengan metode RAM Swap ini, jadilah O2X dengan RAM 512MB disulap seakan memiliki RAM sampe 3 GB jika ente mau!

Oke gan tanpa berpanjang lebar, langsung masuk tutorialnya aja…


Requirements:
Quote:

1. SD Card yang mau dijadiin memory minimal class 6 (kemampuan read di atas dari 6 MB/s), lebih bagus lagi klo class 10. Di bawah itu bakalan ngefek ke performa yang gak bagus (lag, lemot, dll).

2. Free Space di SD Card untuk membentuk Swap file. Klo ente mau nambahin 500MB RAM, berarti harus ada space sebesar itu di SD card

3. HH ente WAJIB sudah di-root

4. Kernel di ROM ente harus support kernelswap (ane sendiri posisi stock ROM tapi kernel-nya custom pake HP SR3R2 punya Spica. Klo stock kernel kurang tau bisa apa ga)

5. Aplikasi Pendukung untuk RAM Swap: Roehsoft RAM Expander (SWAP). Info lebih lengkap tentang aplikasi ini di play store: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.swapit.expander.de



Petunjuk Instalasi:
Quote:

1, Install APK seperti biasa. Pastikan setelah dibuka pertama kali, aplikasi mendapat akses root/ superuser permissions.

2. Pada menu awal, klik tombol Setting (capacitive button), pilih SDCARD Directory untuk menentukan dimana swapfile akan disimpan/terbentuk. Bisa disimpan di int atau ext sdcard.


3. Di menu awal, pada isian Size (mb), isikan besaran swapfile yang akan digunakan sebagai virtual memory/RAM. Contoh: Jika diisi 500, maka total memory nanti menjadi: 500 + 372 (real RAM o2x) = 872 MB. Jika Tombol “Optimal Value” pada pokok kiri bawah di-klik, maka sistem akan secara otomatis mengisi besaran nilai pada isian Size (Mb), sesuai dengan maximum free space yang ada di SD Card

4. Pada isian Swappiness, diisi dengan range angka 0 – 100. 0 berarti kernel tidak menggunakan swapfile, dan 100 berarti kernel akan men-swap setiap memory yang ada ke SD Card. Silahkan mencoba sendiri besaran value yang paling pas menurut ente.


5. Jika isian Size (mb) dan Swappiness sudah terisi, silahkan di-check Swap activ yang ada di pojok kiri atas. Silahkan tunggu sampai proses pembentukan swapfile selesai. Lama proses sangat bergantung pada besaran swapfile yang dibentuk dan seberapa cepat SD Card ente (di HH ane butuh sekitar 1 menit utk membentuk 500MB swapfile dengan sdcard class 10). Jangan sentuh HH sampai proses pembentukan swapfile selesai!


6. Jika ente “beruntung”, di menu awal bakal keliatan total memory HH ente bakalan bertambah (besar RAM + besar SWAP). Jangan lupa terakhir di-check juga pilihan Autorun, agar aplikasi langsung berjalan saat HH pertama kali aktif. Done! Setelah di-reboot lagi, bakalan kerasa memory ente jadi lebih lega dibanding sebelumnya.


Secara system, memang RAM bakalan tetap keliatan 372MB, karena secara default tidak menayangkan Swap RAM. Tapi secara real, bakalan keliatan perubahannya. Perubahan yang ane amati setelah menggunakan RAM Expander:

1. Multi tasking jadi lebih lancar, maen game-game berat juga ga pernah force close lagi gara2 kehabisan memory. Ane jamin ente bisa main wild blood, minimize trus kirim sms, balik lagi main game tanpa harus mulai dari awal!

2. HH terasa lebih responsif dan lebih cepat (tergantung kemampuan Sd Card dalam meng-handle swapfile)


Catatan Penting:
Quote:

1. Jangan remove sdcard ketika swap dalam posisi aktif! Ntar aplikasi dan swapfile yang udah kebentuk bakalan crash.

2. Metode RAM Swap memiliki potensi memperpendek umur Sd Card, meskipun resikonya kecil mengingat sdcard generasi sekarang punya kemampuan read/write hingga jutaan kali.

3. Ane tidak bertanggung jawab bila ada kerusakan baik di HH ataupun SD Card ente (secara developer-nya juga g mau ). Jadi RESIKO DITANGGUNG PENUMPANG.

4. Secara aplikasi ini amat sangat berguna menurut ane dan bikin makin sayang sama o2x, ane SANGAT menganjurkan untuk membeli langsung aplikasi ini secara resmi/bukan bajakan jika anda MAMPU , untuk lebih mendukung dev-nya (secara harganya lumayan sadis $ 8.99)

No comments: