Hal - Hal Yang Harus Dilakukan Para Pencari Kerja Agar Mudah Diterima di Perusahaan - Cyber-SvD

Breaking

Nov 6, 2016

Hal - Hal Yang Harus Dilakukan Para Pencari Kerja Agar Mudah Diterima di Perusahaan


Saran saya buat pencaker (pencari kerja):
        1. Jangan asal dan iseng melamar ke perusahaan.
        Ketika melamar keperusahaan jangan asal dan iseng, tapi harus sesuai dengan kriteria yang diperlukan oleh perusahaan, percuma kalau melamar salah satu perusahaan tetapi anda tidak memenuhi kriteria tersebut, buang buang waktu.
        1. Jangan jatuhkan kredibilitas anda ketika ada telepon untuk panggilan interview.
        Ketika ada telepon untuk panggilan interview anda harus berbicara dengan sopan dan bahasanya tidak berbelit.
        1. Selalu ingat dan catat anda melamar kemana dan untuk posisi apa pd tanggal berapa.
        Pelamar harus ingat kemana saja dia memasukan lamaran dan pada posisi apa dia melamar. Supaya nanti tidak bertanya lagi dan tidak bingung ketika ada panggilan interview . Kalau anda orangnya pelupa catat saja dibuku atau di aplikasi note pada handphone anda. Kalau ada panggilan Interview tapi pihak perusahaan hanya memberitahu hari dan jamnya saja anda bisa bertanya dengan sopan kepada pihak perusahaan bahwa anda sedang berbicara pada perusahaan apa.
        1. Berbicaralah yang sopan ketika ada perusahaan menelepon anda untuk undangan interview.
        Pihak perusahaan bisa saja menilai karakter anda dari bagaimana anda berbicara, maka sebaiknya ketika ada panggilan Interview atau pada saat interview pun anda harus berbicara dengan sopan dan tidak berbelit bahasanya.
        1. Bila ada undangan tes atau interview pastikan anda hadir bila sudah menyanggupi hadir ketika ada telepon undangan tes atau interview.
        Salah satu perusahaan pasti ada hubungan dengan perusahaan lain, jadi kalau sudah membuat janji usahakan hadir, bisa saja kalau anda tidak hadir dan tidak memberitahukan kepihak perusahaan bahwa anda tidak akan hadir perusahaan tersebut memberitahu keperusahaan lainnya bahwa anda orang nya tidak menepati janji, ya jadi susah nantinya kalau anda mau melamar pekerjaan ke lainnya. Kalau misalnya anda benar-benar tidak bisa menghadirinya sebaiknya beritahu kepihak perusahaan jauh jauh hari sebelum hari perjanjian nya.
        1. Selalu datang sebelum atau tepat waktu pada saat akan tes atau interview yang sudah ditentukan.
        Jangan sampai telat saat ada janji interview karena itu bisa membuat harapan anda diterima diperusahaan itu menjadi tipis.
        1. Perusahaan tidak peduli anda tidak hadir karena masalah jarak yg jauh antara rumah dengan tempat tes/interview karena perusahaan tidak akan mengundang dengan waktu yg singkat, hal tersebut sudah dipikirkan perusahaan sebelumnya.
        Ya kalau bisa sih sering – sering periksa Handphone anda seperti SMS, Email dll. Supaya nanti anda bisa datang tepat waktu pada saat test interview.
        1. Berikan alasan yang jelas ketika perusahaan menelpon anda pada saat itu bila tidak dapat hadir. Jangan setelahnya.
        Sama seperti poin 5, anda sebaiknya memberitahukan ketidak hadiran anda sebelum hari perjanjiannya. Jangan setelah anda janji besoknya anda beritahu kepihak perusahaan bahwa anda kemarin tidak hadir karena blablalba, percuma!
        1. Terkadang perusahaan di suatu daerah/kota/kabupaten terhubung dan memiliki jaringan. Bila anda dinilai kredibilitas buruk oleh satu perusahaan maka perusahaan lain yg terkoneksi akan memiliki penilaian yang sama.
        Anda sudah diterima di perusahaan tapi anda tidak hadir pada saat jam kerja atau waktu yg sudah ditentukan, itu merupakan salah satu kredibilitas buruk. Itu bisa saja membuat anda diblacklist diberbagai perusahaan.
Demikian saran saya, semoga bermanfaat.
Terimakasih.
Ari Yulizar
Bandung Raya HRGALegal Association

No comments: