Software Penting yang Harus Ada setelah Install Ulang Komputer - Cyber-SvD

Breaking

Feb 19, 2015

Software Penting yang Harus Ada setelah Install Ulang Komputer

Mungkin Anda habis install ulang komputer atau membeli komputer baru. Anda tidak tahu harus menginstall software apa saja. Apa saja software penting yang harus ada. Berikut adalah beberapa software penting yang sebaiknya harus Anda miliki.




Inilah software yang harus ada :


1.Antivirus

       Ini wajib. Ketika pertama kali memiliki laptop saya mengabaikan antivirus dan langsung saya gunakan untuk internet dan memindah data dengan flashdisk. Akibatnya, laptop baru saya besoknya langsung kena virus. Jangan sepelekan antivirus. Ini software penting pertama yang harus Anda miliki. Terserah Anda mau menggunakan antivirus macam apa, yang jelas komputer Anda harus punya penangkal virus. Macam - macam Antivirus : Kaspersky, Avira, Bitdefender, Avast, SMADAV, dan lainnya. Atau anda bisa juga
dengan klik deretan 10 antivirus terbaik http://anti-virus-software-review.toptenreviews.com/

2. Office

                 Aplikasi pengolah data kantoran adalah software penting lainnya yang harus Anda miliki. Berbagai dokumen umumnya diolah dengan aplikasi office. Bisa saja sewaktu-waktu Anda atau kerabat Anda membutuhkan komputer Anda untuk mengolah dokumen-dokumen. Saat ini ada dua pilihan aplikasi office yang tersedia, yaitu Microsoft Office (berbayar) dan Open Office (gratis).

3. Browser

           Sekarang ini internet mulai dikenal luas. Ada banyak informasi yang ada di internet. Bahkan informasi yang ada di internet terkadang lebih cepat dari pada di televisi. Oleh karena itu Anda harus memiliki browser untuk menjelajah internet. Contohnya : Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Internet explorer, dll.

4. Compression

          Software penting lainnya adalah aplikasi kompresi. Terkadang ada file-file dari orang lain atau dari internet yang dikompresi. Untuk membukanya, Anda harus memiliki aplikasi kompresi. Dengan aplikasi ini, file-file terkompresi tersebut dapat Anda ekstrak dan Anda buka file aslinya. Aplikasi kompresi yang dapat Anda gunakan antara lain adalah WinRar, WinZip, 7zip, dll. Dan untuk membuka file dengan format iso, anda gunakan software, Ultra Iso, Daemon tools, dll.

5. Pdf Reader
           Anda juga harus memiliki aplikasi pdf reader. Aplikasi ini digunakan untuk membuka file-file dengan jenis pdf (*.pdf). File jenis ini mulai banyak digunakan secara luas, terutama untuk penyebaran ebook. Contoh file berbentuk pdf adalah ebook ini. Salah satu aplikasi pdf reader yang dapat Anda gunakan adalah Adobe Acrobat Reader.

Software Yang Sebaiknya ada :

1. Download Manager
              Dengan browser pun sebenarnya Anda sudah dapat mendownload file-file dari internet. Namun kecepatan download browser sendiri sangat buruk, tidak maksimal. Apalagi jika Anda menggunakan internet dengan kecepatan pas-pasan. Dengan bantuan aplikasi download manager, kecepatan download Anda dapat ditingkatkan hingga 5x bahkan 10x lipat. Rekomendasi saya untuk download manager adalah Internet Download Manager.

2. Pemutar media (media player)
            Aplikasi media player bawaan Windows (Windows Media Player) sudah cukup baik. Namun demikian jika tidak ditambah dengan media player lainnya, terkadang ada beberapa jenis file multimedia yang tidak dapat dibuka oleh aplikasi media player Windows. Hal ini karena WMP tidak memiliki codec yang lengkap. Oleh karena itu Anda perlu memiliki media player lainnya atau menambahkan codec ke WMP. Rekomendasi saya adalah Windows Media Player Classic.

3. Utility
           Makin lama komputer digunakan maka akan makin banyak file-file sampah yang dihasilkan. Akibatnya komputer bisa jadi lambat. Dengan bantuan software utility, Anda dapat membersihkan file-file sampah tersebut. Rekomendasi saya adalah TuneUp Utility atau CCleaner.

4. Adobe Photoshop 
            Dalam hal mengolah photo, software yang satu ini adalah jagonya. Untuk merubah cahaya, mengedit photo, maupun menggabungkan/memotong photo anda bisa menggunakan software yang sudah sangat populer ini demi membantu pekerjaan anda dalam hal mengolah photo.

5. Corel Draw
               Bagi para penggemar design grafis baiknya menggunakan software yang satu ini untuk menggambar design nya. Tapi software Corel Draw baik digunakan untuk menggambar logo yang ringan-ringan saja, seperti pembuatan loga perusahaan, sekolah, swasta dan sejenisnya. Software ini juga sangat cocok untuk pembuatan kalender.

6. Winamp
         Tidak ada musik rasanya tidak asyik, apalagi ketika kita banyak kerjaan, sebagian orang suka mengiringinya dalam bekerja dengan alunan musik. Untuk itu wajib kita memasang winamp untuk memutar file mp3 kita supaya bisa menyetel musik.

Mungkin cukup segitu software yang bisa anda install ketika baru install/install ulang sebuah komputer.
Cukup Sekian, Terimakasih


No comments: