Tipe - Tipe DATA di DATABASE di Microsoft acces - Cyber-SvD

Breaking

Feb 24, 2015

Tipe - Tipe DATA di DATABASE di Microsoft acces


  Sekarang ane akan menshare Tipe - tipe DATA di DATABASE di Microsoft acces.  tentunya sebelum anda mau membuat database anda harus mempunyai dasar baik berupa materi ataupun dari pengalaman seseorang. Langsung Saja saya akan sebutkan Tipe - tipe apa saja yang ada di Didalam Ms Acces. 
Terdapat 10 tipe data berikut pengertian dan penjelasannya :


1.      Text, Adalah sebuah data yang bisa diisi dengan kombinasi nilai antara text dan number, dan memiliki maximum karakter sebanyak 255 karakter.
2.      Memo, Adalah sebuah data yang memiliki jenis sama dengan tipe data Text, hanya saja memiliki jumlah maksimum karakter yang lebih banyak, yaitu 63,999 karakter.
3.      Number, Adalah sebuah data yang memiliki jenis number (angka) yang digunakan untuk kalkulasi matematika dan keperluan lainnya. Umumnya tipe data number ini terdiri dari 1, 2, 4 dan 8 bytes data. Khusus untuk tipe data number jenis Replication ID mempunyai 16 bytes data.
4.      Date and Time, Adalah sebuah tipe data dengan jenis tanggal, waktu atau penggabungan dari tanggal dan waktu.
5.      Currency, Adalah sebuah tipe data dengan jenis number, hanya saja pada awal angka selalu disertakan symbol currency default sesuai dengan regional setting yang digunakan, misalnya Rp, $, dll. Currency dapat menggunakan angka dengan 15 digit dibelakang desimal dan 4 digit sesudah desimal.
6.      AutoNumber, Adalah sebuah tipe data yang tidak dapat kita isi secara manual melainkan ia terisi secara otomatis oleh Access, baik secara menjumlah ataupun random (acak).
7.      Yes or No, Adalah sebuah tipe data dengan jenis hanya 2 pillihan yaitu Yes (-1 atau True) atau No (0 atau False). Format yang tersedia adalah : Yes/No, True/False, dan On/Off.
8.      OLE Object, Adalah sebuat tipe data yang diambil dari system OLE seperti Microsoft Excel spreadsheet, Microsoft Word document, graphics, sounds, atau data-data biner lainnya baik yang dilink ataupun dimasukkan secara permanen (embedded) kedalam table Microsoft Access.
9.      Hyperlink, Adalah sebuah tipe data yang digunakan untuk menyimpan alamat internet atau file yang ditunjukkan melalui alamat URL.
10.  Attachment, Adalah sebuat tipe data yang digunakan untuk menyimpan attachment file yang berformat apa saja (bebas, bisa file gambar, file suara, dll).
11.  Tabel adalah tempat dimana kita menyimpan data. Semua tabel di dalam Access mengikuti aturan basis data relasional yang terdiri dari baris dan kolom. Setiap basis data bisa berisi lebih dari satu tabel.
12.   Field Name berfungsi untuk mengisi nama data atau keterangan saat kita membuat table.
 
Sekian  Tipe - Tipe DATA di DATABASE di Microsoft acces yang bisa saya share.
 
Semoga Bermanfaat........

No comments: