1. Bergabunglah dengan Program Mitra YouTube
Aliran pendapatan pertama yang kemungkinan besar akan Anda
jelajahi adalah iklan. Baik Anda ingin menghasilkan uang di YouTube tanpa
membuat video atau sebagai pembuat konten, bergabung dengan Program Mitra
YouTube dan menyiapkan monetisasi adalah langkah penting.
Anda harus setuju untuk mengikuti semua kebijakan monetisasi
YouTube dan tinggal di negara atau wilayah tempat Program Mitra YouTube
tersedia. Kemudian Anda dapat mengajukan monetisasi setelah mencapai 1.000
pelanggan dan 4.000 jam waktu tonton selama setahun terakhir.
Berikut cara mengaktifkan monetisasi di YouTube:
- Masuk ke akun YouTube yang ingin Anda monetisasi.
- Klik ikon untuk akun Anda di sudut kanan atas.
- Klik YouTube Studio.
- Di menu sebelah kiri, pilih Fitur Lainnya > Monetisasi.
- Baca dan setujui persyaratan Program Mitra YouTuber dan persyaratan kelayakan.
- Buat akun Google AdSense baru atau hubungkan yang sudah ada ke saluran Anda. (Anda memerlukan akun AdSense untuk menerima pembayaran.)
- Tetapkan preferensi monetisasi Anda.
Setelah selesai, kembali ke dasbor dan klik tab Analytics di
sisi kiri. Dari sana, Anda harus memilih Pendapatan dari tab di bagian atas,
lalu gulir ke bawah ke tabel Taksiran Pendapatan Bulanan untuk mendapatkan
gambaran tentang prediksi pendapatan YouTube Anda.
Apa itu YouTube
Premium?
YouTube Premium adalah program keanggotaan berbayar yang
memungkinkan penggemar menonton dan mendukung pembuat konten favorit mereka
tanpa iklan. Untuk pembuat konten, tidak banyak perubahan, karena mereka akan
dibayar untuk konten yang dikonsumsi oleh non-anggota di YouTube, bersama
dengan konten di YouTube Premium.
Kreator dibayar untuk YouTube Premium berdasarkan seberapa
banyak pelanggan menonton konten mereka. Pertimbangkan pendapatan yang
diperoleh dari pelanggan YouTube Premium sebagai aliran pendapatan sekunder
selain apa yang sudah Anda peroleh melalui iklan.
Meskipun mudah disiapkan, menghasilkan uang melalui iklan
sebagai Mitra YouTube jauh dari aliran pendapatan paling menguntungkan yang
dapat Anda buat sendiri.
Mengapa Anda harus
melihat di luar iklan untuk mendapatkan pendapatan
YouTube baru-baru ini menerima banyak reaksi karena
keputusannya untuk lebih transparan tentang iklan di platform dan apa yang
memenuhi syarat sebagai konten "ramah pengiklan".
Pada dasarnya, banyak pembuat konten YouTube takut bahwa,
karena sifat konten mereka, mereka akan kehilangan pendapatan iklan yang
membantu mendukung saluran mereka.
Menurut YouTube, konten Anda dapat dikecualikan dari
pendapatan iklan jika mencakup:
- Konten yang menjurus ke seksual, termasuk ketelanjangan sebagian dan humor seksual
- Kekerasan, termasuk menampilkan cedera serius dan peristiwa yang terkait dengan ekstremisme kekerasan
- Bahasa yang tidak pantas, termasuk pelecehan, kata-kata tidak senonoh, dan bahasa vulgar
- Promosi obat-obatan dan zat yang diatur, termasuk penjualan, penggunaan, dan penyalahgunaan barang-barang tersebut
- Subjek dan peristiwa yang kontroversial atau sensitif, termasuk subjek yang terkait dengan perang, konflik politik, bencana alam, dan tragedi, meskipun gambar grafis tidak ditampilkan
Tetapi kenyataannya adalah bahwa YouTube telah
mendemonstrasikan konten yang dianggap tidak ramah pengiklan sejak 2012 melalui
proses otomatis, tanpa peringatan dan tanpa sepengetahuan pembuat konten.
Sekarang, situasinya sebenarnya lebih baik, karena pembuat
konten diberi tahu saat konten mereka ditandai dan dapat mengikuti kontes kapan
pun mereka merasa video secara keliru dikeluarkan dari jaringan periklanan
YouTube.
Periklanan mungkin merupakan cara umum untuk menghasilkan
pendapatan pasif bagi pembuat konten, tetapi trade-offnya adalah bahwa
perusahaan induk YouTube, Google, dapat mempertahankan sekitar 45% bagian dari
pendapatan iklan.
Singkatnya, YouTuber harus mengeksplorasi aliran pendapatan
lain untuk mempertahankan hobi kreatif mereka. Di bawah ini, kami akan
membagikan cara menghasilkan uang dari YouTube tanpa AdSense.
2. Menjual produk
atau merchandise
Ada banyak produk untuk dijual yang dapat membantu Anda
menghasilkan uang melalui saluran YouTube Anda. Menjual merchandise—t-shirt,
cangkir kopi, tas jinjing, snapback, apa saja—memiliki manfaat di luar
pendapatan.
Merchandise meningkatkan eksposur Anda dengan menempatkan
merek dan kepribadian online Anda ke dunia offline dan memperdalam hubungan
antara Anda dan penggemar saat mereka benar-benar “membeli” apa yang Anda
lakukan. Kreator seperti Roman Atwood menjual berbagai barang dagangan di
tokonya dengan merek Smile More.
Menjual barang curian bermerek lebih mudah daripada yang
terlihat pada awalnya. Anda dapat memesan desain terjangkau yang disesuaikan
untuk produk tertentu, seperti t-shirt, menggunakan situs freelance seperti
Fiverr.
Dan ketika menangani pesanan, Anda dapat mengintegrasikan
toko Anda dengan layanan seperti DSers atau salah satu dari banyak penyedia
print-on-demand yang menangani pengiriman, pemenuhan, dan dukungan pelanggan,
memungkinkan Anda menuai semua manfaat dari bisnis cetak sesuai permintaan yang
membutuhkan lebih sedikit usaha dari Anda.
Atau, Anda dapat bermitra dengan jaringan merchandising yang
ada untuk pembuat konten, seperti DFTBA (Don't Forget to Be Awesome). Namun,
Anda akan bersaing dengan YouTuber lain dan memiliki kontrol yang lebih kecil
untuk menambahkan produk, menawarkan diskon, mengintegrasikan konten Anda, dan
semua keuntungan yang didapat dengan memiliki situs e-niaga Anda sendiri.
Anda bahkan dapat melangkah lebih jauh dengan membuat dan
menjual produk unik Anda sendiri dan memberdayakan bisnis Anda melalui saluran
YouTube Anda, seperti yang dilakukan Luxy Hair untuk menjual ekstensi rambutnya
dengan tutorial video cara-cara yang berhubungan dengan rambut.
Sebagai YouTuber yang sudah mendapatkan penonton, Anda akan
memiliki dua keuntungan sejak awal yang membuat iri pemilik toko lain:
- Mesin konten yang secara konsisten mengarahkan lalu lintas ke toko Anda
- Kepercayaan audiens Anda, yang Anda peroleh dengan secara teratur menyajikan merek konten Anda sendiri secara gratis
3. Crowdfund proyek
kreatif Anda berikutnya
Ketika uang adalah satu-satunya penghalang antara ide dan
pelaksanaannya, crowdfunding adalah cara yang baik untuk mewujudkannya.
Apakah Anda memerlukan bantuan untuk membeli peralatan yang
lebih baik, mempekerjakan aktor, atau menutupi biaya produksi lainnya, Anda
dapat memanggil audiens Anda sendiri dan komunitas crowdfunding untuk
bergabung, jika ide Anda cukup menarik.
Banyak proyek kreatif crowdfunded yang sukses cenderung
menawarkan cuplikan atau "cuplikan" yang membuat orang bersemangat,
jadi pertimbangkan untuk merekam video yang menjelaskan proyek Anda atau
menawarkan rasa seperti apa proyek itu nantinya, seperti Kickstarter untuk Kung
Fury yang populer ini, sebuah film pendek yang memberi penghormatan kepada film
aksi tahun 80-an.
Situs crowdfunding populer dengan rekam jejak kampanye yang
terbukti dari YouTuber meliputi:
- · Pemula. Salah satu situs crowdfunding paling terkenal, bagus untuk mendanai produk keren dan proyek kreatif. Pastikan untuk menetapkan tujuan pendanaan yang dapat dicapai karena Anda hanya akan mengamankannya jika Anda benar-benar memenuhi tujuan yang Anda tetapkan.
- · indiegogo. Alternatif Kickstarter yang menawarkan opsi pendanaan yang lebih fleksibel.
4. Biarkan audiens
Anda mendukung Anda melalui “dana dari penggemar”
Mirip dengan crowdfunding sebuah proyek, Anda juga dapat
mengatur aliran "dana penggemar" untuk mendapatkan donasi dari
audiens Anda.
Sebagai pembuat konten, Anda menyumbangkan suara Anda ke
internet tanpa memaksa pemirsa Anda untuk membayar tiket masuk. Jadi, jika Anda
menawarkan konten yang bagus, audiens Anda mungkin cenderung mendukung Anda
secara berkelanjutan.
Banyak platform pendanaan penggemar menawarkan pencipta
tempat lain bagi orang-orang untuk menemukan konten mereka dan cara untuk
melibatkan pemirsa mereka yang paling setia dan menghargai mereka atas dukungan
mereka.
Wait But Why membuat lebih banyak konten tertulis dalam
bentuk panjang daripada video YouTube, tetapi merupakan contoh yang bagus untuk
menerima dukungan dari komunitas Patreon.
Jika Anda memilih rute crowdfunding, pastikan untuk
mengikuti beberapa praktik terbaik. Pertama, ciptakan transparansi tentang
bagaimana uang akan dibelanjakan. Ini akan membuat basis penggemar Anda
berinvestasi dalam cerita atau misi Anda, dan mereka benar-benar akan membeli
nilai konten Anda.
Kedua, tawarkan imbalan yang menarik untuk janji yang lebih
baik. Semakin Anda dapat membuat donatur merasa mendapatkan sesuatu yang
eksklusif karena menjadi penggemar setia, semakin besar kemungkinan Anda untuk
mendapatkan donasi dan janji yang lebih tinggi.
Beberapa opsi pendanaan penggemar yang populer meliputi:
- · Youtube;s Super Chat. Super Chat adalah fitur yang digunakan saat melakukan live streaming di YouTube. Ini memungkinkan Anda membuat toples tip bagi pemirsa Anda untuk menyumbang kapan pun dan sebanyak apa pun mereka ingin berkontribusi. Anda harus menyiapkan akun YouTube untuk iklan, seperti yang diuraikan di atas.
- · Channel memberships. Langganan channel memungkinkan penonton mendukung channel Anda melalui pembayaran bulanan dengan imbalan keuntungan khusus pelanggan. Mirip dengan Super Chat, Anda harus menjadi bagian dari Program Mitra YouTube untuk mengakses fitur ini.
- · Patreon. Platform keanggotaan yang memudahkan pembuat konten untuk mendapatkan bayaran. Penggemar dapat berlangganan pembuat konten favorit mereka hanya dengan satu dolar sebulan dan menerima hadiah eksklusif.
- · Tipeee. Platform ini memungkinkan Anda mendapatkan kombinasi donasi satu kali dan berulang.
- · Belikan Aku Kopi. Buy Me A Coffee memungkinkan pembuat dan artis menerima sumbangan dan biaya keanggotaan dari penggemar mereka. Ini disebut sebagai "Alternatif Patreon # 1," dengan lebih dari 300.000 pembuat. Perbedaannya adalah lebih mudah untuk menerima pembayaran dengan Buy Me A Coffee, ada biaya tetap 5% untuk semua fitur (dibandingkan hingga 12% untuk Patreon), dan pembayarannya instan.
5. Lisensikan konten
Anda ke media
Jika Anda kebetulan membuat video viral dengan daya tarik
massal—misalnya, klip lucu yang menampilkan anjing Anda—Anda dapat melisensikan
konten Anda dengan imbalan uang.
Outlet berita TV, acara pagi, situs berita online, dan
pembuat konten lainnya mungkin akan menghubungi Anda tentang hak untuk
menggunakan video Anda jika video tersebut menjadi viral.
Anda juga dapat mencantumkan video Anda di pasar, seperti
Merek Media Tepercaya, di mana konten Anda akan lebih mudah ditemukan dan
dibeli oleh orang yang tepat.
Ketika video seorang wanita yang mengenakan topeng Chewbacca
menjadi viral, banyak media ingin masuk.
6. Bekerja dengan
merek sebagai influencer
Merek semakin banyak berinvestasi dalam pemasaran influencer
dan sponsor, menghabiskan anggaran iklan mereka yang biasanya besar untuk
influencer yang telah memenangkan loyalitas audiens mereka.
Ini menciptakan peluang besar bagi Anda sebagai pencipta
jika Anda dapat menegosiasikan kesepakatan yang tepat.
Brendan Gahan, pakar pemasaran dan influencer YouTube,
merekomendasikan untuk menetapkan biaya tetap dasar Anda dengan melihat jumlah
penayangan yang biasanya diperoleh video Anda dan mengalikannya dengan $0,05
menjadi $0,15 per tampilan (berarti sekitar berapa banyak merek bersedia
membayar untuk penayangan melalui iklan YouTube).
Menurut data dari WebFX, harga potensial untuk pemasaran
influencer di YouTube adalah:
- · $200 per video untuk YouTuber dengan 10.000 pelanggan
- · $2.000 per video untuk YouTuber dengan 100.000 pelanggan
- · $20.000 per video untuk YouTuber dengan 1.000.000 pelanggan
Bergantung pada leverage Anda—demografi audiens, kualitas
konten, dan seberapa unik dan menguntungkan niche Anda—Anda mungkin dapat
menegosiasikan kesepakatan yang lebih baik jika merek tersebut cocok.
Kuncinya saat bermitra dengan konten yang disponsori merek
adalah bersikap transparan tentang hal itu, tidak mendukung apa pun yang
sebenarnya tidak Anda sukai atau yakini, dan terbuka dengan audiens Anda
tentang alasan Anda melakukannya.
Berikut adalah beberapa dari banyak pasar influencer tempat
Anda dapat menambahkan saluran dan ditemukan oleh merek baik besar maupun
kecil:
- · Crowdtap. Selesaikan "tugas" pembuatan konten kecil dengan imbalan uang dan hadiah lainnya. Tidak ada batasan berapa banyak pengikut yang Anda butuhkan untuk bergabung.
- · Upfluence. Platform influencer skala penuh dengan database lebih dari 3 juta influencer. Klien dapat mencari melalui Upfluence untuk menemukan pembuat konten berdasarkan kata kunci dan menghubungi mereka untuk membentuk kemitraan.
Beberapa pasar influencer menawarkan produk gratis kepada
Anda, sementara yang lain dikenal memiliki merek besar yang bersedia membayar
lebih. Manfaatkan peluang yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, tetapi
daftarkan diri Anda di sebanyak mungkin tempat untuk memastikan visibilitas
maksimum untuk saluran Anda.
7. Menjadi pemasar
afiliasi
Afiliasi pemasaran mengacu pada mendapatkan komisi dengan
mempromosikan produk atau layanan yang dibuat oleh merek lain. Anda dapat
menjadi pemasar afiliasi untuk merek dan menyertakan penempatan produk,
dukungan, atau jenis konten lainnya. Namun, Anda harus mengungkapkan kemitraan
kepada pemirsa di video Anda.
Ini bekerja sangat baik jika Anda meninjau produk sebagai
bagian dari saluran YouTube Anda. Karena tidak ada risiko yang terlibat di
pihak merek (mereka hanya membayar saat mereka melakukan penjualan), biasanya
ada batasan rendah untuk memulai.
Program afiliasi populer termasuk ClickBank (komisi 1%
hingga 75%, tergantung pada apa yang ditetapkan vendor) dan jaringan Afiliasi
Amazon (hingga 10% per penjualan). Anda juga dapat menjangkau merek di niche
Anda yang menjalankan program afiliasi mereka sendiri, yang tidak biasa di
ruang e-niaga.
Berapa banyak
tampilan yang Anda butuhkan di YouTube untuk menghasilkan uang?
Saluran YouTube rata-rata dapat menerima sekitar $18 per
1.000 tampilan iklan, yang setara dengan sekitar $3 hingga $5 per penayangan video,
menurut data dari Influencer Marketing Hub.
Jumlah tampilan yang Anda dapatkan tidak berkorelasi dengan
pendapatan yang diperoleh. Jika video Anda mendapatkan ribuan penayangan tetapi
tidak ada yang menonton atau mengklik iklan, Anda tidak akan menghasilkan uang.
Ini karena kriteria YouTube untuk menagih pengiklan: pemirsa harus mengeklik
iklan atau menonton iklan video secara penuh (10, 15, atau 30 detik) agar Anda
mendapatkan bayaran.
Cara mendapatkan
bayaran di YouTube
- · Publikasikan iklan di saluran Anda
- · Tawarkan langganan saluran
- · Tawarkan langganan saluran
- · Mendaftar untuk pemasaran afiliasi
Untuk mulai menghasilkan uang secara langsung melalui
YouTube, Anda harus memiliki setidaknya 1.000 pelanggan dan 4.000 jam tonton
dalam satu tahun terakhir. Setelah mencapainya, Anda dapat mendaftar ke Program
Mitra YouTube dan memonetisasi saluran Anda.
Salah satu area di mana Anda dapat menghasilkan uang sebagai
pemula dengan sejumlah kecil pelanggan adalah pemasaran afiliasi. Ceruk seperti
ulasan makanan, pembukaan produk, dan daftar [X] teratas adalah topik populer
untuk YouTuber. Anda dapat memperoleh uang saat mereka membeli produk afiliasi
dari video Anda, dibandingkan dengan klik iklan atau penayangan video.
No comments:
Post a Comment