Cara Menghasilkan Uang di YouTube di tahun 2022 (7 Cara Efektif) - Cyber-SvD

Breaking

Sep 4, 2022

Cara Menghasilkan Uang di YouTube di tahun 2022 (7 Cara Efektif)

 


1. Bergabunglah dengan Program Mitra YouTube

Aliran pendapatan pertama yang kemungkinan besar akan Anda jelajahi adalah iklan. Baik Anda ingin menghasilkan uang di YouTube tanpa membuat video atau sebagai pembuat konten, bergabung dengan Program Mitra YouTube dan menyiapkan monetisasi adalah langkah penting.

 

Anda harus setuju untuk mengikuti semua kebijakan monetisasi YouTube dan tinggal di negara atau wilayah tempat Program Mitra YouTube tersedia. Kemudian Anda dapat mengajukan monetisasi setelah mencapai 1.000 pelanggan dan 4.000 jam waktu tonton selama setahun terakhir.

 

Berikut cara mengaktifkan monetisasi di YouTube:

 

  1. Masuk ke akun YouTube yang ingin Anda monetisasi.
  2. Klik ikon untuk akun Anda di sudut kanan atas.
  3. Klik YouTube Studio.
  4. Di menu sebelah kiri, pilih Fitur Lainnya > Monetisasi.
  5. Baca dan setujui persyaratan Program Mitra YouTuber dan persyaratan kelayakan.
  6. Buat akun Google AdSense baru atau hubungkan yang sudah ada ke saluran Anda. (Anda memerlukan akun AdSense untuk menerima pembayaran.)
  7. Tetapkan preferensi monetisasi Anda.

Setelah selesai, kembali ke dasbor dan klik tab Analytics di sisi kiri. Dari sana, Anda harus memilih Pendapatan dari tab di bagian atas, lalu gulir ke bawah ke tabel Taksiran Pendapatan Bulanan untuk mendapatkan gambaran tentang prediksi pendapatan YouTube Anda.

 

Apa itu YouTube Premium?

YouTube Premium adalah program keanggotaan berbayar yang memungkinkan penggemar menonton dan mendukung pembuat konten favorit mereka tanpa iklan. Untuk pembuat konten, tidak banyak perubahan, karena mereka akan dibayar untuk konten yang dikonsumsi oleh non-anggota di YouTube, bersama dengan konten di YouTube Premium.

 

Kreator dibayar untuk YouTube Premium berdasarkan seberapa banyak pelanggan menonton konten mereka. Pertimbangkan pendapatan yang diperoleh dari pelanggan YouTube Premium sebagai aliran pendapatan sekunder selain apa yang sudah Anda peroleh melalui iklan.

 

Meskipun mudah disiapkan, menghasilkan uang melalui iklan sebagai Mitra YouTube jauh dari aliran pendapatan paling menguntungkan yang dapat Anda buat sendiri.

Mengapa Anda harus melihat di luar iklan untuk mendapatkan pendapatan

YouTube baru-baru ini menerima banyak reaksi karena keputusannya untuk lebih transparan tentang iklan di platform dan apa yang memenuhi syarat sebagai konten "ramah pengiklan".

 

Pada dasarnya, banyak pembuat konten YouTube takut bahwa, karena sifat konten mereka, mereka akan kehilangan pendapatan iklan yang membantu mendukung saluran mereka.

 

Menurut YouTube, konten Anda dapat dikecualikan dari pendapatan iklan jika mencakup:

 

  1.  Konten yang menjurus ke seksual, termasuk ketelanjangan sebagian dan humor seksual
  2. Kekerasan, termasuk menampilkan cedera serius dan peristiwa yang terkait dengan ekstremisme kekerasan
  3. Bahasa yang tidak pantas, termasuk pelecehan, kata-kata tidak senonoh, dan bahasa vulgar
  4. Promosi obat-obatan dan zat yang diatur, termasuk penjualan, penggunaan, dan penyalahgunaan barang-barang tersebut
  5. Subjek dan peristiwa yang kontroversial atau sensitif, termasuk subjek yang terkait dengan perang, konflik politik, bencana alam, dan tragedi, meskipun gambar grafis tidak ditampilkan

Tetapi kenyataannya adalah bahwa YouTube telah mendemonstrasikan konten yang dianggap tidak ramah pengiklan sejak 2012 melalui proses otomatis, tanpa peringatan dan tanpa sepengetahuan pembuat konten.

 

Sekarang, situasinya sebenarnya lebih baik, karena pembuat konten diberi tahu saat konten mereka ditandai dan dapat mengikuti kontes kapan pun mereka merasa video secara keliru dikeluarkan dari jaringan periklanan YouTube.

 

Periklanan mungkin merupakan cara umum untuk menghasilkan pendapatan pasif bagi pembuat konten, tetapi trade-offnya adalah bahwa perusahaan induk YouTube, Google, dapat mempertahankan sekitar 45% bagian dari pendapatan iklan.

 

Singkatnya, YouTuber harus mengeksplorasi aliran pendapatan lain untuk mempertahankan hobi kreatif mereka. Di bawah ini, kami akan membagikan cara menghasilkan uang dari YouTube tanpa AdSense.

 

2. Menjual produk atau merchandise

Ada banyak produk untuk dijual yang dapat membantu Anda menghasilkan uang melalui saluran YouTube Anda. Menjual merchandise—t-shirt, cangkir kopi, tas jinjing, snapback, apa saja—memiliki manfaat di luar pendapatan.

 

Merchandise meningkatkan eksposur Anda dengan menempatkan merek dan kepribadian online Anda ke dunia offline dan memperdalam hubungan antara Anda dan penggemar saat mereka benar-benar “membeli” apa yang Anda lakukan. Kreator seperti Roman Atwood menjual berbagai barang dagangan di tokonya dengan merek Smile More.

 


Menjual barang curian bermerek lebih mudah daripada yang terlihat pada awalnya. Anda dapat memesan desain terjangkau yang disesuaikan untuk produk tertentu, seperti t-shirt, menggunakan situs freelance seperti Fiverr.

 

Dan ketika menangani pesanan, Anda dapat mengintegrasikan toko Anda dengan layanan seperti DSers atau salah satu dari banyak penyedia print-on-demand yang menangani pengiriman, pemenuhan, dan dukungan pelanggan, memungkinkan Anda menuai semua manfaat dari bisnis cetak sesuai permintaan yang membutuhkan lebih sedikit usaha dari Anda.

 

Atau, Anda dapat bermitra dengan jaringan merchandising yang ada untuk pembuat konten, seperti DFTBA (Don't Forget to Be Awesome). Namun, Anda akan bersaing dengan YouTuber lain dan memiliki kontrol yang lebih kecil untuk menambahkan produk, menawarkan diskon, mengintegrasikan konten Anda, dan semua keuntungan yang didapat dengan memiliki situs e-niaga Anda sendiri.

 

Anda bahkan dapat melangkah lebih jauh dengan membuat dan menjual produk unik Anda sendiri dan memberdayakan bisnis Anda melalui saluran YouTube Anda, seperti yang dilakukan Luxy Hair untuk menjual ekstensi rambutnya dengan tutorial video cara-cara yang berhubungan dengan rambut.

 

Sebagai YouTuber yang sudah mendapatkan penonton, Anda akan memiliki dua keuntungan sejak awal yang membuat iri pemilik toko lain:

 

  1.  Mesin konten yang secara konsisten mengarahkan lalu lintas ke toko Anda
  2.  Kepercayaan audiens Anda, yang Anda peroleh dengan secara teratur menyajikan merek konten Anda sendiri secara gratis

 

3. Crowdfund proyek kreatif Anda berikutnya

Ketika uang adalah satu-satunya penghalang antara ide dan pelaksanaannya, crowdfunding adalah cara yang baik untuk mewujudkannya.

 

Apakah Anda memerlukan bantuan untuk membeli peralatan yang lebih baik, mempekerjakan aktor, atau menutupi biaya produksi lainnya, Anda dapat memanggil audiens Anda sendiri dan komunitas crowdfunding untuk bergabung, jika ide Anda cukup menarik.

 

Banyak proyek kreatif crowdfunded yang sukses cenderung menawarkan cuplikan atau "cuplikan" yang membuat orang bersemangat, jadi pertimbangkan untuk merekam video yang menjelaskan proyek Anda atau menawarkan rasa seperti apa proyek itu nantinya, seperti Kickstarter untuk Kung Fury yang populer ini, sebuah film pendek yang memberi penghormatan kepada film aksi tahun 80-an.

 


Situs crowdfunding populer dengan rekam jejak kampanye yang terbukti dari YouTuber meliputi:

 

  • ·         Pemula. Salah satu situs crowdfunding paling terkenal, bagus untuk mendanai produk keren dan proyek kreatif. Pastikan untuk menetapkan tujuan pendanaan yang dapat dicapai karena Anda hanya akan mengamankannya jika Anda benar-benar memenuhi tujuan yang Anda tetapkan.
  • ·         indiegogo. Alternatif Kickstarter yang menawarkan opsi pendanaan yang lebih fleksibel.

 

4. Biarkan audiens Anda mendukung Anda melalui “dana dari penggemar”

 

Mirip dengan crowdfunding sebuah proyek, Anda juga dapat mengatur aliran "dana penggemar" untuk mendapatkan donasi dari audiens Anda.

 

Sebagai pembuat konten, Anda menyumbangkan suara Anda ke internet tanpa memaksa pemirsa Anda untuk membayar tiket masuk. Jadi, jika Anda menawarkan konten yang bagus, audiens Anda mungkin cenderung mendukung Anda secara berkelanjutan.

 

Banyak platform pendanaan penggemar menawarkan pencipta tempat lain bagi orang-orang untuk menemukan konten mereka dan cara untuk melibatkan pemirsa mereka yang paling setia dan menghargai mereka atas dukungan mereka.

 


Wait But Why membuat lebih banyak konten tertulis dalam bentuk panjang daripada video YouTube, tetapi merupakan contoh yang bagus untuk menerima dukungan dari komunitas Patreon.

 

Jika Anda memilih rute crowdfunding, pastikan untuk mengikuti beberapa praktik terbaik. Pertama, ciptakan transparansi tentang bagaimana uang akan dibelanjakan. Ini akan membuat basis penggemar Anda berinvestasi dalam cerita atau misi Anda, dan mereka benar-benar akan membeli nilai konten Anda.

 

Kedua, tawarkan imbalan yang menarik untuk janji yang lebih baik. Semakin Anda dapat membuat donatur merasa mendapatkan sesuatu yang eksklusif karena menjadi penggemar setia, semakin besar kemungkinan Anda untuk mendapatkan donasi dan janji yang lebih tinggi.

 

Beberapa opsi pendanaan penggemar yang populer meliputi:

  • ·         Youtube;s Super Chat. Super Chat adalah fitur yang digunakan saat melakukan live streaming di YouTube. Ini memungkinkan Anda membuat toples tip bagi pemirsa Anda untuk menyumbang kapan pun dan sebanyak apa pun mereka ingin berkontribusi. Anda harus menyiapkan akun YouTube untuk iklan, seperti yang diuraikan di atas.
  • ·         Channel memberships. Langganan channel memungkinkan penonton mendukung channel Anda melalui pembayaran bulanan dengan imbalan keuntungan khusus pelanggan. Mirip dengan Super Chat, Anda harus menjadi bagian dari Program Mitra YouTube untuk mengakses fitur ini.
  • ·         Patreon. Platform keanggotaan yang memudahkan pembuat konten untuk mendapatkan bayaran. Penggemar dapat berlangganan pembuat konten favorit mereka hanya dengan satu dolar sebulan dan menerima hadiah eksklusif.
  • ·         Tipeee. Platform ini memungkinkan Anda mendapatkan kombinasi donasi satu kali dan berulang.
  • ·         Belikan Aku Kopi. Buy Me A Coffee memungkinkan pembuat dan artis menerima sumbangan dan biaya keanggotaan dari penggemar mereka. Ini disebut sebagai "Alternatif Patreon # 1," dengan lebih dari 300.000 pembuat. Perbedaannya adalah lebih mudah untuk menerima pembayaran dengan Buy Me A Coffee, ada biaya tetap 5% untuk semua fitur (dibandingkan hingga 12% untuk Patreon), dan pembayarannya instan.

 

5. Lisensikan konten Anda ke media

Jika Anda kebetulan membuat video viral dengan daya tarik massal—misalnya, klip lucu yang menampilkan anjing Anda—Anda dapat melisensikan konten Anda dengan imbalan uang.

 

Outlet berita TV, acara pagi, situs berita online, dan pembuat konten lainnya mungkin akan menghubungi Anda tentang hak untuk menggunakan video Anda jika video tersebut menjadi viral.

 

Anda juga dapat mencantumkan video Anda di pasar, seperti Merek Media Tepercaya, di mana konten Anda akan lebih mudah ditemukan dan dibeli oleh orang yang tepat.

 


Ketika video seorang wanita yang mengenakan topeng Chewbacca menjadi viral, banyak media ingin masuk.

 

6. Bekerja dengan merek sebagai influencer

Merek semakin banyak berinvestasi dalam pemasaran influencer dan sponsor, menghabiskan anggaran iklan mereka yang biasanya besar untuk influencer yang telah memenangkan loyalitas audiens mereka.

 

Ini menciptakan peluang besar bagi Anda sebagai pencipta jika Anda dapat menegosiasikan kesepakatan yang tepat.

 

Brendan Gahan, pakar pemasaran dan influencer YouTube, merekomendasikan untuk menetapkan biaya tetap dasar Anda dengan melihat jumlah penayangan yang biasanya diperoleh video Anda dan mengalikannya dengan $0,05 menjadi $0,15 per tampilan (berarti sekitar berapa banyak merek bersedia membayar untuk penayangan melalui iklan YouTube).

 

Menurut data dari WebFX, harga potensial untuk pemasaran influencer di YouTube adalah:

 

  • ·         $200 per video untuk YouTuber dengan 10.000 pelanggan
  • ·         $2.000 per video untuk YouTuber dengan 100.000 pelanggan
  • ·         $20.000 per video untuk YouTuber dengan 1.000.000 pelanggan

 

Bergantung pada leverage Anda—demografi audiens, kualitas konten, dan seberapa unik dan menguntungkan niche Anda—Anda mungkin dapat menegosiasikan kesepakatan yang lebih baik jika merek tersebut cocok.

 

Kuncinya saat bermitra dengan konten yang disponsori merek adalah bersikap transparan tentang hal itu, tidak mendukung apa pun yang sebenarnya tidak Anda sukai atau yakini, dan terbuka dengan audiens Anda tentang alasan Anda melakukannya.

 

Berikut adalah beberapa dari banyak pasar influencer tempat Anda dapat menambahkan saluran dan ditemukan oleh merek baik besar maupun kecil:

 

  • ·         Crowdtap. Selesaikan "tugas" pembuatan konten kecil dengan imbalan uang dan hadiah lainnya. Tidak ada batasan berapa banyak pengikut yang Anda butuhkan untuk bergabung.
  • ·         Upfluence. Platform influencer skala penuh dengan database lebih dari 3 juta influencer. Klien dapat mencari melalui Upfluence untuk menemukan pembuat konten berdasarkan kata kunci dan menghubungi mereka untuk membentuk kemitraan.

Beberapa pasar influencer menawarkan produk gratis kepada Anda, sementara yang lain dikenal memiliki merek besar yang bersedia membayar lebih. Manfaatkan peluang yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, tetapi daftarkan diri Anda di sebanyak mungkin tempat untuk memastikan visibilitas maksimum untuk saluran Anda.

 

7. Menjadi pemasar afiliasi

Afiliasi pemasaran mengacu pada mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk atau layanan yang dibuat oleh merek lain. Anda dapat menjadi pemasar afiliasi untuk merek dan menyertakan penempatan produk, dukungan, atau jenis konten lainnya. Namun, Anda harus mengungkapkan kemitraan kepada pemirsa di video Anda.

 

Ini bekerja sangat baik jika Anda meninjau produk sebagai bagian dari saluran YouTube Anda. Karena tidak ada risiko yang terlibat di pihak merek (mereka hanya membayar saat mereka melakukan penjualan), biasanya ada batasan rendah untuk memulai.

 

Program afiliasi populer termasuk ClickBank (komisi 1% hingga 75%, tergantung pada apa yang ditetapkan vendor) dan jaringan Afiliasi Amazon (hingga 10% per penjualan). Anda juga dapat menjangkau merek di niche Anda yang menjalankan program afiliasi mereka sendiri, yang tidak biasa di ruang e-niaga.

 

Berapa banyak tampilan yang Anda butuhkan di YouTube untuk menghasilkan uang?

Saluran YouTube rata-rata dapat menerima sekitar $18 per 1.000 tampilan iklan, yang setara dengan sekitar $3 hingga $5 per penayangan video, menurut data dari Influencer Marketing Hub.

 

Jumlah tampilan yang Anda dapatkan tidak berkorelasi dengan pendapatan yang diperoleh. Jika video Anda mendapatkan ribuan penayangan tetapi tidak ada yang menonton atau mengklik iklan, Anda tidak akan menghasilkan uang. Ini karena kriteria YouTube untuk menagih pengiklan: pemirsa harus mengeklik iklan atau menonton iklan video secara penuh (10, 15, atau 30 detik) agar Anda mendapatkan bayaran.

 

Cara mendapatkan bayaran di YouTube

  • ·         Publikasikan iklan di saluran Anda
  • ·         Tawarkan langganan saluran
  • ·         Tawarkan langganan saluran
  • ·         Mendaftar untuk pemasaran afiliasi

Untuk mulai menghasilkan uang secara langsung melalui YouTube, Anda harus memiliki setidaknya 1.000 pelanggan dan 4.000 jam tonton dalam satu tahun terakhir. Setelah mencapainya, Anda dapat mendaftar ke Program Mitra YouTube dan memonetisasi saluran Anda.

 

Salah satu area di mana Anda dapat menghasilkan uang sebagai pemula dengan sejumlah kecil pelanggan adalah pemasaran afiliasi. Ceruk seperti ulasan makanan, pembukaan produk, dan daftar [X] teratas adalah topik populer untuk YouTuber. Anda dapat memperoleh uang saat mereka membeli produk afiliasi dari video Anda, dibandingkan dengan klik iklan atau penayangan video.

No comments: