Ini Dia Fitur Terbaru Android Pie 9.0, Kamu Harus Tahu! - Cyber-SvD

Breaking

Aug 23, 2018

Ini Dia Fitur Terbaru Android Pie 9.0, Kamu Harus Tahu!


Cyber-SvD - Belum lama Google telah mengumumkan julukan resmi untuk sistem android 9.0 atau P. Sistem android "P" tersebut dijuluki "Pie", Hampir semua sistem android dijuluki dengan nama makanan. Seperti Nougat, Oreo, dll. Sistem android 9.0  (Pie ) mulai tersedia lewat update Over-The-Air untuk perangkat-perangkat Pixel buatan Google. Seperti sebelumnya, pasti tiap versi android selalu ada pembaruan diberbagai aspek.

Ini dia pembaruan yang ada di Android 9.0 ( Pie )

  • Didukung oleh kecerdasan buatan

Android 9.0 ( Pie ) menghadirkan beberapa fitur yang didukung berdasarkan kecerdasan buatan (AI). App Actions adalah fitur baru yang terpasang pada App Drawer, yang menyarankan tindakan berdasarkan kebiasaan anda menggunakan Smartphone anda. Jadi, jika anda menelpon seseorang dalam waktu yang sama setiap hari makan sebuah tombol akan muncul di App Drawer yang akan langsung melakukan panggilan dengannya. Jika anda mencolokkan headphone anda, App Actions akan membuat tautan cepat ke daftar putar yang anda dengarkan sebelumnya. Sehingga menghemat beberapa klik.

Tambahan lainnya bahkan lebih berfokus pada latar bekalang, tetapi juga berguna. Adaptive Brightness mengambil kecerahan otomatis pada tingkatan berikutnya, belajar bagaimana tingkat kecerahan yang biasa anda pakai pada lingkungan yang berbeda dan secara otomatis mengubahnya sesuai kebiasaan anda. Adaptive Battery serupa dengan Adaptive Brightness, memberikan daya maksimum kepada aplikasi-aplikasi yang sering anda pakai, sementar membatasi penggunaan daya dari aplikasi yang jarang dibuka.

  • Peningkatan lockscreen

Di android 9.0 ( Pie ), tampilan locksreen tidak hanya menampilkan sekedar waktu, setidaknnya pada ponsel Pixel. Sekarang bisa menampilkan hal-hal seperti cuaca dan acara kalender yang akan datang, yang berarti anda bisa mendapatkan informasi tersebut deengan sederhana.

  • Cara baru untuk menavigasi telepon anda


Salah satu perubahan terbesar di android 9.0 (Pie) adalah sistem navigasi baru. Terdapat perubahan ditombol navigasi dengan icon berbentuk pil kecil dibagian bawah layar. Geser keatas dari bawah untuk melihat aplikasi terkini anda, dan geser penuh keatas akan membuat panel samping aplikasi. Geser tombol home berbentuk pil ke kanan dan anda akan dengan cepat menukar kembali ke aplikasi terakhir yang anda gunakan. Tombol kembali masih ada, tetapi hanya saat anda berada diaplikasi lain. Anda dapat menekan tombol home untuk kembali kelayar utama, dan menekan serta ditahan akan membuka Google Assistant. Android 9.0 Pie juga menghadirkan gerakan baru, termasuk menahan tombol daya dan volume naik untuk mencegah dering.

  • Editing screenshot

Android 9.0 Pie masih mendukung pengambilan screenshot dengan menahan tombol power & volume down secara bersamaan. Selain itu ada fitur baru untuk editing screenshot. Segera setelah mengambil tangkapan layar, android 9.0 Pie akan menampilkan tombol "Edit" di preview screenshot. Opsi penyuntingan antara lain crop, highlight, dan menggambar. Ini berguna untuk mempersingkat langkah yang diperlukan apabila anda ingin menyunting gambar screenshot sebelum dibagikan ke orang lain.

3 comments:

Anonymous said...

Awesome article.

Anonymous said...

Excellent write-up. I definitely appreciate this site.
Keep it up!

Anonymous said...

Touche. Solid arguments. Keep up the amazing effort.